Cara Membuat Paser Ikan dengan Senapan Angin Uklik dan PCP

www.hobisenapanangin.com - Sekarang sudah populer berburu ikan atau menembak ikan dengan senapan angin, banyak orang yang memodifikasi senapan angin untuk berburu burung atau berburu hewan menjadi senapan yang bisa untuk berburu ikan di air.

cara membuat senapan paser ikan terbaik
senapan paser ikan
Tentu saja senapannya harus ada modifikasi dan ada beberapa alat tambahan pendukung untuk memudahkan kita menembak ikan di dalam air. Senapan paser ikan sendiri bisa dibuat dengan semua jenis senapan angin, bisa dengan jenis uklik maupun PCP dan banyak juga orang-orang yang membuat senapan Paser ikan dengan senapan pcp bocap.

Berikut beberapa cara, dan langkah untuk membuat senapan angin paser yang bisa kamu praktekkan sendiri dan beberapa tips menembak ikan menggunakan senapan paser.

1. Peluru

peluru paser ikan terbaik
peluru paser ikan

Yang membedakan senapan angin biasa dengan senapan paser ikan adalah pelurunya bukan menggunakan timah, biasanya pelurunya menggunakan batang besi panjang yang diberi pemberat di ujung dan runcing serta teplon pada bagian belakang. Untuk membuatnya kamu membutuhkan batang besi panjang yang bisa kamu beli di toko bangunan ataupun menggunakan besi ruji sepeda.

Kamu juga bisa membeli peluru paser yang biasa dijual di toko online ataupun di Facebook, banyak pengerajin peluru paser yang biasanya menjual satu set dengan gulungannya dan pe sebagai talinya. Pilihlah peluru paser yang memiliki panjang di atas 10 cm karena semakin panjang maka akan membuat peluru stabil untuk menembak jarak jauh dan di kedalaman yang cukup, untuk panjang 20 cm sudah cukup baik.

2. Laras

laras polos kuningan paser
laras polos kuningan

Sebenarnya laras yang menggunakan alur juga bisa untuk digunakan memaser ikan, namun resikonya adalah Laras kamu yang bagus dapat rusak dan resiko merubah akurasi senapan angin kamu tidak bagus lagi digunakan untuk berburu hewan ataupun burung.

Jadi direkomendasikan menggunakan Laras polos yang tidak memiliki alur, selain itu Laras polos juga biasanya memiliki lubang diameter lebih besar sehingga kamu bisa menggunakan peluru Yang kaliber nya sampai 6 mili ataupun yang lainnya.

Penggunaan Laras yang harus presisi dan memiliki panjang sekitar 60 cm atau lebih agar memudahkan untuk menembak ikan yang cukup jauh. Karena menggunakan laras pendek biasanya akurasi senapan Paser akan susah atau sulit untuk menembak ikan.

3. Benang

gulungan paser ikan
paser ikan

Jika berburu hewan atau burung kamu biasa mengambilnya di tanah, maka jika berburu ikan di air, tidak mungkin kamu mengambilnya saat ikan tenggelam, jadi kamu membutuhkan tali benang untuk di kaitkan pada peluru senapan paser.

Benang yang dimaksud adalah benang pe yang biasa digunakan untuk memancing atau juga bisa menggunakan nilon, direkomendasikan menggunakan benang pe karena sangat kuat dan tidak mudah putus karena gesekan yang ada pada saat peluru dimasukkan di ujung Laras yang kemudian ditembakkan.

Kamu bisa juga menambahkan nilon sebagai leadernya karena lebih licin saat dimasukkan dalam laras sehingga dan tidak terlalu lentur, sehingga tidak terbelit-belit ataupun kusut saat dimasukan kedalam laras, serta meminimalisir peluru nyangkut dengan benang. Panjang leader nilon disesuaikan dengan panjang laras.

4. Kacamata

kacamata polarized untuk paser ikan
kacamata polarized

Alat pendukung lainnya adalah kacamata polarized, jenis kacamata ini dapat membantu kamu untuk melihat ikan yang berenang di air ataupun yang berada di permukaan air saat siang hari dengan mudah. Karena saat siang hari pantulan sinar matahari akan silau di air sehingga kamu tidak bisa melihat ikan dengan jelas dan sulit melihat kemana ikan itu berada.

Untuk kacamata sendiri harganya juga tidak terlalu mahal kamu bisa membelinya di toko toko online seharga rp100.000 saja, pastikan kacamata tersebut memiliki coating polarised yang dapat membantu melihat saat silau.

5. Alat Bidik


red dot bsa paser ikan
red dot bsa

Biasanya para penembak paser ikan menggunakan red dot ataupun visir, sebenarnya bisa juga menggunakan teleskop biasa namun agak susah jika kamu menggunakan zoom yang terlalu tinggi, dan faktor berat dari teleskop juga berpengaruh. Jika menggunakan visir sendiri cukup sulit jika tidak terbiasa namun akan sangat mudah jika kamu sebelumnya sudah mahir menggunakan visir senapan.

Dengan menggunakan red dot tentu saja kamu mudah menembaknya karena reddot memiliki pembesaran yang hanya satu kali sehingga kamu bisa melihat ikan cara langsung tanpa mencari terlebih dahulu seperti di teleskop. Dan reddot juga membuat tembakan kamu akan lebih akurat.


5. Gulungan

reel paser ikan
reel paser ikan

Kamu bisa menggunakan gulungan dengan pipa paralon yang di buat menempel di bawah ujung Laras menggunakan mounting dari kawat, ataupun menggunakan reel pancing yang biasa digunakan untuk memancing. Biasanya tinggal kita tempelkan saja pada kompor dan kita bisa menggulungnya dengan mudah saat menembak ikan.

Tambahan

peluru paser terbaik
hasil berburu ikan ( by Saldiansyah @Tanah Grogot)

Berburu ikan memang sangat seru, karena berbeda dengan biasanya yang berburu hewan atau burung harus pergi jauh kesana kemari, dengan berburu ikan kamu hanya cukup menunggu ikan muncul ke permukaan. Carilah tempat yang lebih tinggi, bisa dengan memanjat pohon atau yang lain karena memudahkan untuk mengintai dan melihat ikan.

Namun tetap jaga safety, berburulah dengan bijak dan patuhi aturan yang ada di setiap daerah, ada beberapa daerah yang melarang penggunaan paser ikan, sebenarnya berburu ikan dengan senapan jauh lebih bagus dari pada meracun, namun pikiran orang juga berbeda-beda, kita saling memahami saja.

Itulah beberapa cara membuat senapan Paser dengan senapan angin biasa dan tips trik menembak ikan menggunakan senapan Paser. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan bermanfaat. Salam satu Laras dari Hobi Senapan Angin.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Paser Ikan dengan Senapan Angin Uklik dan PCP"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel